Your Ad Here

Friday, January 15, 2010

Pengadaan Kapal Selam TNI Tertunda hingga 2014

JAKARTA - Rencana pengadaan dua kapal selam TNI AL dipastikan tidak akan terwujud dalam waktu dekat, lantaran faktor keterbatasan anggaran. Diperkirakan permintaan TNI AL itu baru akan dipenuhi pada tahun 2014.

“Presiden menyatakan untuk sementara masih mempertimbangkan kemampuan negara. Namun diharapkan dua kapal selam akan hadir di Indonesia pada 2014,” ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Madya TNI Agus Suhartono dalam acara silaturrahmi dan lomba menembak antara TNI AL dengan insan pers di Lapangan Tembak Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (29/12/2009).
Kendati tertunda, namun proses tender pengadaan kapal selam sudah mulai digelar di Departemen Pertahanan. Dalam kaitan ini, jajaran TNI AL hanya memberikan masukan jenis kapal selam apa yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Adapun mengenai keputusan kapal akan diimpor dari mana sepenuhnya menjadi wewenang Departemen Pertahanan. “TNI AL sudah mengajukan ke Dephan, sekarang tinggal kita tunggu saja,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, KSAL mengungkapkan ketersedian alutsista TNI AL masih jauh dari kebutuhan riil di lapangan. Situasi ini karena keterbatasan anggaran dari APBN. Namun, keadaan ini diupayakan tidak menganggu jajaran TNI AL dalam menjalankan tugas pokonya.




“Kondisi sekarang belum sesuai dengan minimum essential forces. Dengan kondisi seperti sekarang, kami perkirakan 15 tahun lagi baru tercapai,” ungkapnya. (Original News)